Breaking

Kamis, 16 April 2015

Perbedaan antara Reumatoid Artritis (RA) dan Osteoartritis (OA)



Baik rheumatoid arthritis (RA) dan osteoarthritis (OA)adalah kondisi yang menyakitkan yang mempengaruhi sendi-sendi tubuh manusia. Namun, ada beberapa perbedaan antara dua kondisi ini. Memiliki gambaran tentang perbedaan-perbedaan ini akan membantu Anda dalam memahami kondisi Anda serta mengamankan pengobatan yang tepat.

Perbedaan mendasar antara kondisi muncul karena penyebab yang mendasari mereka. Osteoarthritis adalah penyakit degeneratif. Ini berarti bahwa itu terjadi karena keausan tulang rawan antara sendi. Rheumatoid arthritis, di sisi lain, terjadi karena gangguan autoimun. Gangguan autoimun adalah suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat dalam tubuh itu sendiri.
Perbedaan lain dalam dua kondisi berhubungan dengan usia di mana gejala dimulai. Rheumatoid arthritis bisa menyerang seseorang setiap saat. Itu tidak memiliki usia yang rentan khusus. Namun, osteoarthritis terutama dipengaruhi usia.
Osteoarthritis mengalami kemajuan selama periode waktu tertentu. Semakin buruk seiring bertambahnya  usia dan dengan pemakaian sendi yang berulang. Namun, kemajuan pesat rheumatoid arthritis dapat menjadi kondisi yang matang penuh dalam beberapa minggu atau bulan. Rheumatoid arthritis ditandai dengan nyeri dan pembengkakan pada sendi. Ada kekakuan pada sendi yang meningkat dengan meningkatnya istirahat. Gejala-gejala osteoarthritis berbeda. Meskipun ada sakit sendi dan beberapa nyeri di sendi yang terkena secara keseluruhan, ada sedikit atau tidak ada pembengkakan yang terlibat. Sebuah perbedaan penting antara dua kondisi adalah bahwa osteoarthritis terbatas pada bantalan sendi berat badan saja. Rheumatoid arthritis dapat menyebar ke organ lain selama periode waktu dan menyebabkan komplikasi.
Pola sendi yang terpengaruh juga bervariasi antara dua kondisi. Dalam rheumatoid arthritis, sendi kecil dan yang lebih besar terpengaruh pada kedua sisi tubuh, biasanya secara simetris. Simetri ini tidak ada dalam osteoarthritis. Gejala biasanya mulai pada satu sisi tubuh dan menyebar ke daerah lain. Selain itu, gejala biasanya terbatas pada satu set hanya sendi. Seorang pasien rheumatoid arthritis sering mengeluh perasaan umum penyakit, kelelahan dan kelesuan. Gejala-gejala ini tidak hadir sepanjang osteo arthritis yang bersangkutan.
Akhirnya, kekakuan pada sendi Anda juga dapat menunjukkan apakah Anda memiliki rheumatoid atau osteoarthritis. Pasien dengan osteoarthritis mengalami kekakuan sendi selama kurang dari satu jam di pagi hari. Namun, pasien dengan rheumatoid arthritis cenderung menderita lebih lama, biasanya lebih dari 30 menit pada suatu waktu.






Kesimpulan :
  1. Rheumatoid arthritis terjadi karena respon autoimun tubuh, sedangkan osteoartritis terutama akibat dari keausan mekanis dari tulang rawan di antara sendi
  2. Osteoarthritis mempengaruhi orang tua, tetapi rheumatoid arthritis dapat menyerang siapa saja.
  3. Gejala-gejala rheumatoid arthritis memburuk dengan cepat. Namun, osteoarthritis berlangsung pada tingkat yang relatif lebih lambat.
  4. Ada simetri dalam pola berlangsungnya rheumatoid arthritis. Ini mempengaruhi kedua sisi tubuh.
  5. Ada sedikit atau tidak ada kemerahan dan pembengkakan pada sendi orang dengan  osteoarthritis.                               

1 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali.. infonya mudah dipahami lagi...

    http://obattraditional.com/obat-tradisional-radang-sendi/

    BalasHapus